Senin, 26 Maret 2012

PAWAI OGOH-OGOH DI BASARANG SAMBUT HARI RAYA NYEPI 2012

Image
Pada hari Kamis sore tanggal 22 Maret 2012, masyarakat Hindu di Kabupaten Kapuas khususnya warga Banjar Kertawana desa Basarang Jaya, kecamatan Basarang, melaksanakan prosesi Pawai Ogoh Ogoh menyongsong datangnya Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1934. 

Image
Arak-arakan ini dimulakan di Pura Jagatnata desa Basarang Jaya, Jalan Trans Kalimantan ruas Kuala Kapuas – Palangka Raya Km 9.5.  

Image

Berdasarkan keterangan Bapak I Wayan Arnatha S, SH, Sekretaris Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Kapuas yang juga Sekretaris Forum Komunikasi Ummat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas, “Arak-arakan Ogoh-ogoh sudah menjadi tradisi ummat Hindu sebelum Hari Raya Nyepi. “

Image

Pada momen ini ummat Hindu melaksanakan kegiatan Mecaru atau Penyucian Buana Agung dan Buana Alit untuk menghadapi hari raya Nyepi, dengan kegiatan : Amati Geni atau Tidak Menghidupkan Lampu/Api, Amati Lelanguan atau Tidak Bepergian dan Amati Pekarya atau Tidak beraktivitas / bekerja.

Image

Dengan melaksanakan pawai Ogoh ogoh sebagai upacara pengusiran roh-roh jahat dan puasa dari tiga pantangan diatas maka ummat Hindu menyambut Hari Raya Nyepi dengan segala kehikmatan.

Image
Untuk Kabupaten Kapuas, selain pawai ogoh-ogoh yang diselenggarakan di Basarang, kegiatan yang sama juga dilaksanakan oleh ummat Hindu di Kecamatan Kapuas Kuala.

Image
Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1934, kiranya Tuhan Yang Maha Esa IdaSang Hyang Widi Washa senantiasa memberkati amal ibadah kita semua.

Image
Ternyata kegiatan Pawai Ogoh-Ogoh oleh ummat Hindu di Basarang mampu menarik perhatian pengunjung di luar ummat Hindu sehingga even semacam ini merupakan aset budaya yang layak dikembangkan bagi kepariwisataan di Kabupaten Kapuas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar