Minggu, 04 Maret 2012

AKAN ADA LALUHAN PADA HUT KABUPATEN KAPUAS 2012


Dalam rangkaian memeriahkan hari jadi kota Kuala Kapuas yang ke 206 sekaligus memperingati hari ulang tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 61 tahun 2012, salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah upacara adat Laluhan.

Untuk sekedar menyegarkan ingatan kita, berikut di-review kegiatan Laluhan pada puncak semarak Hari Jadi ke-205 kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-60 Pemerintah Kabupaten Kapuas di Pelabuhan Danau Mare Kuala Kapuas pada hari Jumat tanggal 25 Maret 2011.


Laluhan atau Perang Air Suku Dayak Ngaju Kuala Kapuas


Dayak Pos Online dalam tema Budaya Kalteng  mendeskripsikan “Laluhan” sebagai Perang Air Suku Dayak Ngaju.  Budaya Laluhan ini merupakan sebuah rangkaian prosesi upacara adat suku Dayak di Kalimantan Tengah yang biasanya satu rangkaian dengan acara-acara tertentu misalnya Tiwah.

Suasana perang air tahun lalu di Pelabuhan Danau Mare Kuala Kapuas merupakan bagian dari rangkaian upacara Mamapas Lewu Kapuas yang merupakan bagian dari perayaan rutin hari ulang tahun kota Kuala Kapuas dan pemerintah kabupaten Kapuas.

Tentu kejadian ini bukan perang dalam arti peperangan yang sesungguhnya karena alat perang yang digunakan adalah tombak dari batang suli yang sudah ditumpulkan ujung-ujungnya. Perang-perangan di atas air yang diperagakan warga  merupakan satu atraksi warisan budaya asli suku Dayak Ngaju Kuala Kapuas yang secara turun temurun sudah mengenal “Laluhan”.

Budaya Laluhan sebagai tradisi perang air suku Dayak Ngaju penduduk asli Kuala Kapuas ini adalah peristiwa budaya  simbolik yang menggambarkan betapa gigihnya warga Dayak mempertahankan wilayahnya dari gangguan musuh. Simbolisme ini juga bagian dari betapa gigihnya warga memerangi kemiskinan dan keterbelakangan sehingga nantinya menjadi sebuah masyarakat yang maju dan beradab.

Diagendakannya upacara adat yang bersumber dari kepercayaan nenek moyang Dayak Ngaju yang menganut “Kaharingan” ini  maka Laluhan diangkat pula menjadi peristiwa budaya yang menjadi ciri khas Kuala Kapuas sebagai  KOTA AIR yang terus berjuang keras menuju kabupaten Kapuas yang AMANAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar