Minggu, 25 Maret 2012

PERANG LALUHAN 2012


Puncak pamungkas hari jadi ke-206 kota Kapuas dan Hari Ulang Tahun ke-61 Pemerintah Kabupaten Kapuas diperingati dengan ritual tradisional suku Daya Ngaju Kuala Kapuas berupa perang air yang dikenal luas sebagai Laluhan. 

Diantara tamu luar daerah yang hadir dan tampak duduk di antara undangan adalah Wakil Bupati Barito Selatan ibu Satya Titik Atiyani Djoedir. 


Perang Laluhan Tahun 2012 dilaksanakan di tempat yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni di dermaga Danau Mere Kuala Kapuas pada hari Rabu siang tanggal 21 Maret 2012.


Dalam Laluhan tahun 2012 ini Wakil Bupati Kapuas Suraria Nahan, Ketua Pegadilan Negeri Kuala Kapuas, Dandim 1011 Kuala Kapuas Letkol Moch Erwansyah dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Drs. Raden Ledi Karsapati R Mathias berada di atas Kapal Laluhan dan terlibat perang yang seru melawan Bupati Kapuas H Muhammad Mawardi, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Robert L Gerung, Kapolres Kapuas Wisnu Putra, Kajari Kapuas, para Asisten, Kepala Dinas dan para pejabat lainnya yang berada di dermaga Danau Mare.


Tradisi perang bersenjatakan tombak batang suli ini berlangsung meriah dan sangat seru serta cukup mengundang antusias masyarakat. Paling tidak kegiatan ini memperoleh liputan yang cukup luas dari  wartawan foto dan media televisi.


Setelah perang dengan saling lempar batang suli berjalan selama 25 menit maka peperangan pun berhenti. ”Berhenti-berhenti! Perang telah usai. Kita damai,” teriak salah seorang peserta laluhan. Dengan usainya kegiatan perang-perangan ini maka Kapuas beserta seluruh peserta Laluhan tampak puas dengan kegiatan yang digelar hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar