Minggu, 25 Maret 2012

RITUAL BALIAN MAMAPAS LEWU KAPUAS 2012


Pada hari Selasa tanggal 20 Maret 2012 dilaksanakan Balian Mamapas Lewu Kapuas. Kegiatan dimulai oleh Panitia Pelaksana di Balai Basarah di Jalan Melati Kuala Kapuas. 

Selesai seremonial kegiatan dilanjutkan dengan Balian Mamapas Lewu Kapuas Tahun 2012 dipimpin oleh Basir, Demang dan para pemangku Hindu Kaharingan kota Kuala Kapuas. 



Hadir dan ikut serta dalam ritual tahunan ini Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Drs. Raden Ledi Karsapati R Mathias, Mantan Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs. Talinting Erick Toepak, Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Kabupaten Kapuas I Wayan Arnatha S, SH, Kepala Bidang Kebudayaan Disporabudpar Kabupaten Kapuas Kristina Darmalia, SE, Kepala Bidang Olah Raga Disporabudpar Kabupaten Kapuas Suwarno M, Spd, M. Ag dan  para pejabat lainnya.  



Selesai ritual dirampungkan selanjutnya para peserta Balian Mamapas Lewu bergerak secara konvoi untuk berkeliling kota Kuala Kapuas menuju Kantor Bupati Kapuas di Jalan Pemuda Km 5,5 Kuala Kapuas. 


Di kantor Bupati Kapuas para basir dan damang yang menyelenggarakan balian mamapas lewu memasuki ruang kerja yang ada guna melakukan ritual sesuai tata cara Kaharingan.

Setelah melaksanakan ritual di kompleks kantor Bupati selanjutnya rombongan bergerak menuju kompleks Betang Sungai Pasah dan melaksanakan kegiatan di sana. 


Kemudian rombongan kembali bergerak secara konvoi menuju kota Kuala Kapuas dengan tujuan akhir rumah jabatan Bupati Kapuas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar