Selasa, 17 April 2012

MAMAPAS LEWU DI DESA LAWANG KAJANG, KECAMATAN TIMPAH


Image

Pada hari Minggu pagi tanggal 15 April 2012 satu rombongan dari Kuala Kapuas berangkat secara konvoi mempergunakan beberapa buah mobil menuju Timpah, ibukota kecamatan Timpah. 

Image
Rombongan bergerak dibawah pimpinan Yang Mewakili Bupati Kapuas, dalam hal ini Asisten II Setkda Bapak Drs. Johansyah MDA, didampingi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Bapak Drs. Raden Ledi Karsapati R Mathias, Kepala Bagian Umum Bapak Hanafi Taat dan Kepala BPMD Kabupaten Kapuas. 

Image
Adapun anggota rombongan yang lain adalah dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas yang terdiri dari  Yoab, S.Pd, M.Pd, Eterius, Redy, A. Md, Liwan dan Betriana Natalia.

Image
Selanjutnya dari Timpah perjalanan diteruskan dengan transportasi air menuju desa Lawang Kajang ke arah hilir sungai Kapuas. Bergabung pula dalam rombongan ini Camat Timpah beserta istri, Kepala Kepolisian Sektor Timpah, Komandan Rayon Militer Timpah dan pendamping lain dari fihak kecamatan.

Image
Sebelum memasuki arena kegiatan Mamapas Lewu di desa Lawang Kajang, rombongan disambut cukup meriah oleh masyarakat dan para siswa Sekolah Dasar Negeri Lawang Kajang.

Image
Salah satu bentuk penyambutan tamu yang lazim dilakukan masyarakat desa Lawang Kajang adalah Tetek Pantan. Maka para tamu kali ini yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Kecamatan Timpah menjalani acara penyambutan adat  ini.

Image
Dalam ritual Dayak berupa Mamapas Lewu yang dilaksanakan oleh masyarakat Lawang Kajang ini dipimpin langsung oleh Damang Kecamatan Timpah dan para tetuha Kampung Lawang Kajang. Dan kegiatan ritual semacam ini serta maknanya sama dengan mamapas lewu dikenal pula oleh masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah dengan istilah Manyanggar  atau Mamparasih Lewu.

Image
Dengan pelaksanaan ritual ini diharapkan kehidupan masyarakat desa Lawang Kajang pada khususnya dan masyarakat kabupaten Kapuas pada umumnya serta kehidupan bangsa Indonesia secara luas dapat berjalan dengan baik, hubungan antar sesama manusia dan antara manusia dengan alam non materi dapat berjalan dalam keselarasan, keserasian dan keseimbangan. 

Image
Beberapa rangkaian kegiatan yang mendampingi ritual Mamapas Lewu kali ini diantaranya makan bersama dan ramah tamah serta tanya jawab antara rombongan dari ibukota Kabupaten Kapuas dan  Kecamatan Timpah dengan masyarakat desa Lawang Kajang.

Image

Banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan dan banyak pula masukan yang diterima dan perlu tindak lanjut sebagai mana mestinya. Inilah bagian yang cukup penting dari kehadiran para pimpinan pemerintahan di tengah-tengah masyarakat desa Lawang Kajang kali ini.

Image
Semoga acara adat dan kegiatan budaya semacam ini dapat dikelola dengan sebaik mungkin sehingga akhirnya mampu dijadikan aset daerah yang dikenal luas oleh masyarakat dan mampu pula menarik minat para pecinta kebudayaan dari berbagai tempat. 

Image
Dan mudah-mudahan dengan terlaksananya kegiatan Mamapas Lewu di desa Lawang Kajang ini akan tumbuh pula berbagai kreativitas budaya lain di desa-desa di Kabupaten Kapuas sehingga semakin memperkaya khazanah budaya daerah yang beraneka ragam.

Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar