Minggu, 17 Juni 2012

TEMUAN ARKEOLOGI TERBARU DI KUALA KAPUAS (2)

Image
Sebagai tindak lanjut dari penelitian temuan bangkai kapal di desa Pangkalan Sari, kecamatan Basarang maka Balai Arkeologi Banjarmasin mengirim surat kepada Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas, Nomor : PL.0401/BalarBJM/KPK/04.VI/2010 tanggal 4 Juni 2012  Hal : Rekomendasi Temuan Kapal. 

Image

Berdasarkan surat tersebut,  Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas kemudian menindak-lanjuti dengan mengirim surat kepada Bupati Kapuas dengan surat ber nomor : 556/416/Par-2/Disporabudpar/VI/2012 tanggal 12 Juni 2012 Perihal :  Kerjasama Penanganan Temuan Bangkai Kapal   Kuno  di   Kecamatan  Basarang.   Tindasan surat disampaikan kepada DPRD kabupaten Kapuas, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Polres Kapuas dan fihak terkait lainnya dengan maksud meminta dukungan.

Image

Dalam surat diatas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas menindak-lanjuti surat terdahulu Nomor : 556/395/Par-2/Disporabudpar/V/2012 tanggal 30 Mei 2012 Perihal : Laporan Pendahuluan Atas Temuan Bangkai Kapal Kuno di Wilayah Desa Pangkalan Sari kecamatan Basarang. Intisari surat antara lain bahwa artefak / bangkai kapal yang ditemukan di desa Pangkalan Sari dinyatakan oleh Balai Arkeologi Banjarmasin sebagai benda cagar budaya yang khas sehingga direkomendasikan untuk ditetapkan sebagai cagar budaya sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010.

Image

Balai Arkeologi Banjarmasin juga merekomendasikan kapal karam dan lokasinya dapat dimanfaatkan sebagai open site museum untuk kepentingan sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata.  Untuk kepentingan ini maka Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas memohon dukungan sepenuhnya dari Bupati, DPRD Kabupaten Kapuas dan fihak terkait lainnya sehingga situs desa Pangkalan Sari bisa menjadi cagar budaya dan daya tarik wisata daerah.

Image

Apa saja keunikan temuan bangkai kapal karam di desa Pangkalan Sari dapat diikuti pada tulisan selanjutnya, terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar