Selasa, 17 Januari 2012

KAPAL SUSUR SUNGAI KAPUAS SEGERA TERWUJUD

Membaca kembali Banjarmasinpost.co.id – Jumat, 16 Juli 2010 dikabarkan Pemkab Kapuas melakukan persiapan untuk penyambutan rombongan Susur Sungai Barito-Kahayan yang gelar Banjarmasin Post Group pada 17-19 Juli 2010.


Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Umum pada saat itu, Lesmiriadi, menggelar pertemuan dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Kamis (15/7/2010).  “Kami ingin memberikan yang terbaik antara lain menyuguhkan tari penyambutan adat Dayak beberapa saat setelah rombongan tiba di dermaga guest house,” ujar Lesmiriadi.


Rombongan susur sungai yang berangkat dari Banjarmasin pada Sabtu pukul 09.00 Wita, diperkirakan tiba di Kuala Kapuas pada Sabtu (17/7/2010) pukul 13.00 WIB. Mereka akan dijamu makan siang di kafe terapung. Kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk beramah tamah dengan Bupati HM Mawardi serta pejabat setempat.


Selaku pendukung kegiatan, Lesmiriadi mengatakan kegiatan tersebut memberi inspirasi bagi Pemkab Kapuas untuk menghidupkan pariwisata air. “Kapuas memiliki banyak sungai tapi belum dikembangkan. Susur sungai ini memberikan inspirasi kepada kami bahwa potensi ini sebenarnya cukup menjanjikan,” kata dia.


Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kapuas pada waktu itu Drs. Edy Lukman Hakim mengatakan pada 2011 pihaknya berencana membuat sebuah kapal wisata untuk mempermudah wisatawan lokal dan asing menikmati keindahan Sungai Kapuas yang beberapa puluh tahun silam pernah berjaya.


Kemudian Bupati Kapuas juga menyatakan keinginan Pemerintah Kabupaten Kapuas merealisasikan pembuatan Kapal Susur Sungai pada Malam Ramah Tamah antara Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada di Kuala Kapuas (11/2/2011).


Maka sebagai tindak lanjutnya pada tahun 2011 dilaksanakanlah pembuatan Kapal Susur Sungai Tahap I dengan pagu Rp. 700.000.000,- .


Memasuki tahun 2012 ini Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Kapuas kembali akan meneruskan pembangunan Tahap II Kapal Susur Sungai dengan menyediakan anggaran sebesar Rp. 1  Miliar. Dengan tersedianya pagu anggaran  tersebut diharapkan kapal susur sungai Kabupaten Kapuas akan segera operasional dan sangat diharapkan bisa selesai pada Ulang Tahun Kapuas bulan Maret 2011.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar