Senin, 09 Mei 2011

Getah Nyatu, Cenderamata Khas Kabupaten Kapuas


Tribunnews.comTribunnews.com

Getah Nyatu, Cenderamata Khas Kabupaten Kapuas

Tribunnews.com - Senin, 9 Mei 2011 15:01 WIB
Share on Facebook Share on Twitter  Print Berita Ini   + Text 
 



Cenderamata dari bahan getah nyatu merupakan kerajinan khas suku Dayak di kabupaten Kapuas (Kalteng) khususnya desa Dahirang, kota Kuala Kapuas.
 
 
 
 
Barang-barang yang umumnya dibuat berupa ukiran banama (perahu/ jukung), rumah betang, patung dayak, tugu bundaran kota Kuala Kapuas atau miniatur Sandung (rumah tulang manusia setelah tiwah).
 
 

Dewasa ini desa Dahirang mulai dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Kapuas, dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas sebagai desa wisata. Salah kegiatan yang mendukung adalah dalam tahun 2011 dibangun beberapa fasilitas pendukung diantaranya komplek budaya betang Sungai Pasah.
 
Desa Sungai Pasah berada dilintasan jalan trans Kalimantan (Banjarmasin-Palangkaraya). Di kampung ini terdapat sejumlah perajin getah nyatu dan toko-toko yang menjadi pengumpul dan penjual hasil para perajin. Salah satu yang cukup terkenal adalah milik Tinga K Jaffar (72 tahun) dengan lebel usaha : “Antik”.
 
 
 
 
Permasalahan para perajin adalah sulitnya bahan baku getah nyatu. Kesulitan ini menjadi penyebab terancamnya kelestarian kerajinan. Sampai kapan kah kerajinan yang menjadi ciri khas Kampung Dahirang itu bisa bertahan? Yang pasti laju perusakan hutan sangat mengancam usaha ini.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar