Selasa, 06 September 2011

TAPAI ANSTERDAM, KUDAPAN KHAS KUALA KAPUAS



Kudapan hari raya khas masyarakat Kuala Kapuas khususnya yang berdomisili di Anjir Serapat adalah tapai atau tape.  Makanan ringan ini  senantiasa ada dalam suguhan bagi para tamu yang datang bersilaturrahim.



Tapai Kuala Kapuas yang diproduksi secara terus-menerus oleh penduduk Anjir Serapat khususnya Anjir Serapat Dalam adalah Tapai Jawau atau Tape Singkong, juga Tapai Pulut/Lakatan atau Tape Ketan.



Tape singkong dan tape ketan khas Kuala Kapuas ini dikenal juga dengan sebutan Tapai Ansterdam yang artinya Tapai bikinan Anjir Serapat Dalam atau Ansterdam.



Tapai Ansterdam telah berulang kali dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam berbagai kesempatan seperti Kalteng Expo, Pameran Nasional Hasil Produksi Pertanian dan ajang pemasaran luar daerah lainnya.



Bupati Kapuas Ir H Muhammad Mawardi berkenan pula mempromosikan tapai Ansterdam dalam berbagai kesempatan, salah satu diantaranya pada Malam Ramah Tamah Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada pada tanggal 11 Pebruari 2011 di Kuala Kapuas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar