Rabu, 17 Agustus 2011

ANAK-ANAK PENCARI DAMAR DI PANTAI CEMARA LABAT



Adalah sebuah realita tatkala kita sempat berkunjung ke pantai Cemara Labat di Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas dan menemukan anak-anak kampung sedang hilir mudik di bibir pantai yang berlumpur tebal.



Ada apa? Apakah mereka bermain-main di air asin laut Jawa? Ternyata tidak. Rupanya mereka sedang mencari sesuatu diantara tumpukan sampah-sampah yang hilir mudik diterjangi gempuran ombak laut yang berair keruh.



Lalu apa yang mereka cari? Ternyata sekelompok anak-anak usia sekolah dasar ini sedang beradu jeli mencari hanyutan kayu-kayu damar sebagai usaha menambah perekonomian keluarga.



Dengan kenyataan ini dapat ditebak bahwa kondisi anak-anak usia sekolah dasar ternyata harus pula memikirkan kondisi perekonomian orang tua mereka, masih untung kalau mereka masih bersekolah pula.



Kumpulan sampah kayu damar yang berhasil dikumpulkan oleh anak-anak kampung di Pantai Cemara Labat ini akhirnya dijual kepada para pengumpul damar sehingga sejak dini mereka sudah belajar hidup mandiri dan berfikir secara ekonomi.



Inilah sepenggal fakta anak-anak usia sekolah yang ada di Pantai Cemara Labat, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah sebagai renungan untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar